Kunjungan Bapak Kepala Desa Said Aidil Usman SE Ke pasar Petapahan élok RT 50 RW 06 dusun 4 Didesa Petapahan

  • Bagikan

Tampung, Tegasinvestigasi.com -Salah satu yang membuat perekonomian di desa maju yaitu membangun sebuah pasar perbelanjaan. Agar Désa semangkin maju perekonomian masyarakatnya.

kepala desa Said Aidil Usman SE Menyambangi pasar baru

Telah dibuka pasar perbelanjaan Didesa Petapahan kecamatan Tapung kabupaten kampar tepatnya dijalan lintas topas-Tunggal Yunus RT 50 RW 006, Dusun 4 adapun pasar tersebut telah dinamakan pasar Sabtu Petapahan élok.

Membangun pasar Desa Petapahan jalan lintas topas-Tunggal Yunus , adalah salah satu pilihan jitu bagi Kepala desa petapahan Said Aidil Usman SE , untuk membangun putaran ekonomi domstik (internal) masyarakat sekitar.

warga desa Petapahan yang memproduksi aneka produk-produk dan memajang produknya dan bertemu langsung dengan para pembeli. Mulai dari sayur yang bisa langsung mengusung sayurnya dari petani hingga para pembuat perkakas berbahan kayu misalnya, Pasar yang menjadi tempat berkumpulnya aneka produk , juga bisa membangun semangat mandiri karena warga petapahan bakal lebih memilih produk yang dibuat warganya sendiri dari pada membeli dari luar daerah.

Pembangunan pasar desa Petapahan RT 50 RW 06 dusun 4 juga bakal membuka beragam peluang baru karena warga memiliki tempat memajang produk yang mereka hasilkan. Warga desa Petapahan juga menjadi tak perlu menempuh perjalanan jauh hanya untuk sekedar belanja sayur dan kebutuhan sehari-hari lainnya.

Pada kunjungan ini Bapak Kepala Desa Said Aidil Usman SE juga mengobrol dengan pedagang-pedang pasar tentang perkembangan pasar dan peraturan-peraturan pasar yang di tetapkan oleh ketua pengelolah pasar.

bapak Kepala Desa juga berdiskusi dengan Ketua pengelolah Pasar tetang lapak-lapak kosong yang belum diisi oleh pedagang agar mengisi lapak-lapak tersebut, agar pasar lebih teratur dan pembeli mudah mencari tempat-tempat pedagang yang mereka cari.

Ketika awak media tegasinvestigasi mengklarifikasi tentang adanya pasar tersebut dengan Kepala Désa Petapahan, Said Aidil Usman S.E menyatakan, tujuan dan pembangunan pasar Petapahan élok agar mendongkrak kemajuan terkusus nya perekonomian masyarakat sekitar. Kami sebagai pemerintahan desa Petapahan untuk mendukung RT RW dan Kadus jugak masyarakat sekitar adanya pasar tersebut. Masyarakat agar lebih mudah dan lebih dekat untuk berbelanja, Warga pun menjadi tak perlu menempuh perjalanan jauh hanya untuk sekedar belanja sayur dan kebutuhan sehari-hari lainnya.

Pasar baru Petapahan élok ini seluas satu hektar lahan. Dan lahan ini adalah milik Bapak Zulkardi , beliau pun selaku kepala dusun 4 RT 50 RW 06. Harapan kami selaku pemerintahan desa Petapahan, dibukaknya pasar Petapahan élok ini agar lebih maju dan lebih bermanfaat bagi masyarakat baik diluar daerah atau disekitar nya. Ujarnya SAID AIDIL USMAN S.E

Pasar yang dibangun di Jalan topas-Tunggal Yunus RT 50 RW 06 dusun 4
Désa Petapahan Kecamatan Tapung , ini adalah swadaya pengurus pasar dan didukung oleh pemerintahan Desa petapahan,
Pasar tersebut dibangun di atas lahan seluas 1 hektare, yang dimulai sejak 16 April 2022 lalu.

Penanggung jawab pembuatan pasar tersebut adalah kepala desa petapahan Said aidil usman S.E

Pemilik lahan Bapak Zulkardi selaku kepala dusun 4 mengatakan pembuatan pasar adalah aspirasi masyarakat sekitar yang ingin dibuatkan pasar. Sehingga saya inisiatif untuk mengembangkan lahan tersebut. Harapan saya kedepannya , Semoga dengan adanya pasar ini bisa menopang ekonomi masyarakat kita , terutama yang berdomisili dilingkungan pasar tersebut,,, masyarakat petapahan pada umumnya. Ujarnya Zulkardi selaku kepala dusun 4

Jika Pasar Desa Petapahan élok sebagai salahsatu unit usaha maka pendirian pasar hanya membutuhkan Peraturan Desa tentang Pendirian Pasar Desa. Tetapi membangun pasar bukan hanya masalah mengumpulkan pedagang di satu tempat. Melainkan harus pula dibarengi dengan pembuatan berbagai perlengkapan seperti area parkir.

pedagang bpk Iskandar dan Kêpala Désa

Adapun pedagang yang di wawancarai. Bapak Iskandar menyampaikan. Kami sangat senang ada nya pertambahan pasar di wilayah Petapahan, karena kami bisa berjualan mengikuti jadwal. Kami sebagai pedagang sangat berterima kasih atas pembangunan pasar Petapahan Élok. Ya tentunya berterimakasih dengan bapak Kepala Desa Said aidil usman S E dan bapak Zulkardi serta pengurus pasar. Ujarnya

Salah satu warga, parsia (35) mengatakan dengan adanya pasar disini kami sangat mudah untuk berbelanja, apa lagi pasar menjadi lebih luas dan bersih. Pedagang dipisah berdasarkan jenis dagangannya sehingga lebih teratur. “Dagang sayur dan daging di bawah, lebih bersih dan ada aliran airnya. Sekarang pasar lebih nyaman dan dagangannya lebih beragam.ujarnya.

Pengurus pasar Petapahan élok

Adapun nama nama pengurus pasar Petapahan Élok
Harianto
Endang Suprayetno
A.Suwano
Aliaman Tobing
Pengurus pasar ini bertugas masing masing ada yang mengawasi. Baik pengaman dan menertibkan jugak kebersihan pasar

Pengurus pasar menyatakan. Kami sangat berterima kasih kepada pemerintahan Desa utama Dengan kepala desa Said aidil usman S.E dan juga Kêpala Dusun 4 bapak Zulkardi yang sudah menyediakan tempat untuk pembuatan pasar Petapahan Élok. Kami sebagai pengurus pasar dan serta RT 50 RW 06 dusun 4 dengan ada nya pasar ini kalau tidak ada dukungan dari pemerintahan Desa pasti kami tidak akan mampu menjalankannya. jadi harapan kami sebagai pengurus serta RT setempat semoga pasar ini menjadi pasar pusat perbelanjaan itu saja yang kami sampaikan. Ujarnya pengurus pasar Petapahan Élok.

(Andriyanto rd)

  • Bagikan
banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Isi di Proteksi !! Mohon Maaf, untuk sementara content tidak dapat disalin. Terima Kasih