banner 728x250

Mengungkap Kejahatan Terhadap Kepentingan publik,

  • Bagikan
banner 468x60

Jurnalisme investigasi lebih menekankan pada upaya penggalian serta pengungkapan fakta tersembunyi yang belum diketahui publik.

Andriyanto pimpinan media tegas investigasi

Praktik jurnalisme ini dilakukan karena adanya dugaan pelanggaran yang dilakukan individu atau sekelompok orang, yang mana pelanggaran tersebut berhubungan erat dengan kepentingan banyak orang.

Tim tegas investigasi

Apa itu jurnalisme investigasi?

Pengertian jurnalisme investigasi
Dalam situs UNESCO, investigative journalism atau jurnalisme investigasi adalah pengungkapan berbagai hal yang disembunyikan oleh orang berkuasa, baik secara sengaja maupun tidak.

Hal tersebut meliputi sekumpulan fakta dan keadaan yang kacau balau. Dalam hal ini, jurnalisme investigasi berperan untuk mengungkapkan kedua hal tersebut kepada publik, dengan disertai fakta yang relevan atau sesuai.

Melansir dari situs Global Investigate Journalism Network (GIJN), jurnalisme investigasi merupakan seperangkat metodologi, berupa keahlian, yang membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk dipelajari serta dikuasai.

Contohnya, jurnalisme investigasi guna mengungkap dan melacak dana publik yang dicuri, penyalahgunaan kekuasaan, kasus degradasi lingkungan, skandal kesehatan, dan masih banyak lagi.

Beberapa jurnalis menyatakan bahwa praktik jurnalisme investigasi turut melibatkan penggunaan catatan serta data publik, yang berfokus untuk meraih keadilan serta akuntabilitas sosial.

Trik dan Pengalaman Para Wartawan Indonesia Membuat Liputan Investigasi di Media Cetak, Radio, dan Televisi (2010), berikut lima elemen penting dalam jurnalisme investigasi:

Mengungkap kejahatan terhadap kepentingan publik, atau tindakan yang merugikan orang lain
Artinya jurnalisme investigas bertujuan mengungkap kejahatan yang merugikan banyak orang atau kejahatan terhadap kepentingan publik.

banner 120x600
  • Bagikan
banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Isi di Proteksi !! Mohon Maaf, untuk sementara content tidak dapat disalin. Terima Kasih